Senin, 05 Mei 2014

PERMASALAHAN SEPUTAR TUNJANGAN PROFESI

Menyangkut Permasalahan SK Tunjangan Profesi pada lembar Cek Info Data guru Oleh Deni Ranoptri http://kkgjaro.blogspot.com/2014/01/solusi-permasalahan-nuptk-pada-sk.html, dari hasil Pengolahan data Dapodikdas, tentunya dikemudian hari berbagai persoalan bisa saja kita dapati, namun sebelumnya, mari kita bahas sedikit demi sedikit terutama masalah NUPTK dari pengalaman yang telah lalu seperti hal berikut :

Sudah Update data di Dapodikdas namun tak Bisa Login untuk Cek Info PTK ?

Penyebab:
1.  Belum Memiliki NUPTK atau tidak Menginput NUPTK Pada Dapodik
2.  NUPTK atau tanggal lahir yang diisi pada lembar Info tidak sama dengan yang di input di Dapodik
3.  Data belum masuk ke database P2TK Jika Status kirim sudah Berhasil Proses.
4.  Format Tanggal sync berubah karena Settingan Laptop dan Komputer tidak sesuai.

Solusi:
1.  Periksa kembali NUPTK dan tanggal lahir pada Dapodik pastikan sudah benar
2.  Pastikan sync dapodikdas sudah berhasil diproses melalui info manajemen pendataan
3.  Coba kombinasi Pasword YYMMDD dan YYDDMM (tahun bulan tanggal)

Sudah Update data di Dapodik dan sync sukses namun data perubahan Belum muncul di lembar cek Info ?

    Penyebab:
1.  Tahapan Pemrosesan data belum selesai
2.  Proses Import data ke Server Dapodik Gagal
3.  Belum sinkronnya antara server Dapodik dan Server P2TK

Solusi:
1.    Baca Penjelasan tentang sinkronisasi berhasil Dapodikdas
2.    Pastikan data sudah berhasil diproses melalui manajemen pendataan Dapodikdas
3.    Cek Kembali 2-3 hari kemudian.

NUPTK Tidak Valid Pada Lembar Info ?

Penyebab:
1.  Nama Pada Database NUPTK Berbeda dengan Nama yang di input pada aplikasi      Dapodikdas
2.    NUPTK yang di Entri pada Dapodik NUPTK Milik Orang Lain.

Solusi:
1.  Pastikan NUPTK Adalah Milik Anda, Referensi NUPTK yang valid bisa didapatkan pada Operator Dinas Kab/Kota, NUPTK LPMP atau Pusat.
2.  Jika kesalahan Pada NUPTK Perbaiki pada operator NUPTK lewat layanan Padamu Negeri.
3.  Jika Kesalahan Pada Dapodik, maka perbaiki pada Operator Dapodik, Sync data dan tunggu hasilnya beberapa hari kemudian.

NUPTK Valid namun data Kelulusan tidak ditemukan ? 

Penyebab:
1. NUPTK Pada Dapodik Berbeda dengan data cek kelulusan (CEK SKTP Tahun Lalu)
2. NUPTK didata Kelulusan menggunakan NUPTK sementara (9999/9000/9898)
3. Mutasi antar kementrian (diluar Kemdikbud)
4. Mutasi Antar Jenjang antar Luar Dikdas

Solusi:
1.  Perbaiki NUPTK Kelulusan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota
2. Jika Mutasi dari Luar Dikdas atau Luar Kemdikbud, harus diinput kelulusannya oleh operator  tunjangan Dinas Pendidikan Setempat, Pusat akan melakukan Verifikasi dari kelulusan tersebut sebelum menerbitkan SKTP bagi PTK tersebut, bawalah dan lengkapi berkas sebagai berikut ;

a.  SK Mutasi
b.  Sertifikat Sertifikasi yang sudah dilegalisir
c.  Foto copy kartu NUPTK/NRG
d.  Dan Berkas Pendukung lain. 

NUPTK Valid namun data Kelulusan Milik Orang lain ?

Penyebab:
1.  NUPTK dipakai Orang lain

Solusi:
1.  Segera Laporkan Ke Dinas setempat dengan membawa bukti NUPTK tersebut milik Anda.
2.  Operator dinas akan mengusulkan perbaikan data Kelulusan orang lain yang menggunakan NUPTK milik anda melalui aplikasi tunjangan, dan memerlukan proses beberapa hari.
3.  Jika Anda belum memiliki NRG usulkan juga agar anda memilikinya lewat operator Dinas Pendidikan Setempat.

   
Semoga Bermanfaat, Selamat Bekerja, Salam Satu Data Berkualitas!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar